FANDOM

Daftar tagihan dapat diakses pada submenu "Tagihan" menu "Keuangan". Untuk melihat detail tagihan, klik "No Invoice" yang diinginkan. Halaman "Detail Tagihan" terbagi menjadi dua bagian, yaitu :

  1. Rincian Biaya adalah rincian biaya yang harus dibayar oleh suatu akun. Terbagi menjadi Biaya Kamar, Biaya Jasa $, dan Biaya Jasa Rp. Biaya Jasa hanya tampil jika terdapat jamaah yang memilih jasa tambahan.
  2. Rincian Pembayaran adalah rincian pembayaran yang sudah dilakukan oleh akun terkait.

Untuk melakukan pembayaran, pada daftar tagihan klik ikon "Konfirmasi" pada baris tagihan yang ingin dibayar, atau pada detail tagihan klik tombol "Confirm Payment". Setelah diklik, sistem akan menampilkan form konfirmasi pembayaran. Berikut adalah langkah-langkah pengisian form konfirmasi pembayaran :

  1. Isi form tersebut dengan lengkap terutama kolom yang bertanda (*). Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:
    • Pilihan pada kolom "Jenis Pembayaran" terdiri dari Paket dan jasa-jasa tambahan yang dipilih pada saat pengisian data jamaah. Apabila terdapat pembayaran dari suatu jenis pembayaran yang belum diverifikasi, jenis pembayaran tersebut tidak akan muncul dalam kolom tersebut.
    • Apabila "Cara Pembayaran" yang dipilih adalah Transfer, Anda wajib mengisikan kolom "No Rekening", "Atas Nama", "Nama Bank", dan "Pembayaran Ke".
    • Pilihan pada kolom "Pembayaran Ke" adalah nama-nama bank yang diisikan pada konfigurasi sistem bank.
    • Mata uang pada kolom "Jumlah" berubah berdasarkan mata uang jenis pembayaran yang dipilih.
    • Apabila akun tidak mendaftar via registrasi online, akan terdapat kolom "Diskon". Kolom ini digunakan agen apabila ingin memberikan diskon untuk akun tersebut. Isian pada kolom ini berupa dollar.
    • Untuk melakukan pembayaran per jamaah, lihat pada bagian Pembayaran per Jamaah.
    • Untuk melakukan pembayaran dalam rupiah untuk biaya dollar, lihat pada bagian Pembayaran dalam Rupiah.
  2. Setelah selesai melakukan pengisian klik tombol "Save". Sistem akan melakukan validasi. Bila terjadi kesalahan pengisian form, sistem akan menampilkan pesan pada bagian yang harus dikoreksi.
  3. Bila form telah diisi dengan benar, sistem akan menyimpan data pembayaran tersebut dan menampilkan pesan bahwa konfirmasi pembayaran berhasil dilakukan.

Konfirmasi pembayaran yang dilakukan via sistem manajemen umrah agen, tidak perlu diverifikasi, karena akan langsung berstatus "Sukses". Fungsi verifikasi pembayaran hanya digunakan untuk melakukan verifikasi pembayaran via modul jamaah.

Pembayaran per Jamaah

Terkadang suatu akun ingin memisahkan pembayaran antara jamaah satu dengan yang lain. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pembayaran per jamaah. Untuk melakukan pembayaran per jamaah, pada saat pengisian form konfirmasi pembayaran lakukan langkah berikut:

  1. Beri tanda centang pada checkbox "Pembayaran per Jamaah". Apabila dicentang, Anda wajib mengisikan kolom "Nama Jamaah".
  2. Isikan kolom "Nama Jamaah" yang bersangkutan. Pilihan pada kolom ini bergantung pada jenis pembayaran yang dipilih pada kolom "Jenis Pembayaran".
  3. Apabila pilihan pembayaran per jamaah dipilih, maka diskon yang dimasukkan adalah diskon untuk jamaah tersebut.

Data pembayaran yang dimasukkan per jamaah akan ditampilkan pada rincian pembayaran pada saat jamaah melakukan pengecekan kode jamaah di menu "Informasi Jamaah" halaman registrasi online.

Pembayaran dalam Rupiah

Akun dapat melakukan pembayaran biaya-biaya dollar dalam bentuk rupiah. Pembayaran dalam rupiah ini hanya dapat dilakukan via sistem manajemen umrah agen. Untuk melakukan pembayaran dalam rupiah, pada saat pengisian form konfirmasi pembayaran lakukan langkah berikut:

  1. Beri tanda centang pada checkbox "Pembayaran dalam Rupiah". Apabila dicentang, Anda wajib mengisikan kolom "Nilai Tukar".
  2. Isikan kolom "Nilai Tukar" dengan nilai tukar saat ini. Secara default kolom ini sudah terisi, namun agen dapat menggantinya.
  3. Apabila kolom "Jumlah ($)" diisi, kolom "Jumlah (Rp)" akan secara otomatis terisi sesuai dengan nilai tukar yang dimasukkan. Begitu juga apabila kolom "Jumlah (Rp)" diisi, kolom "Jumlah ($)" akan secara otomatis terisi sesuai dengan nilai tukar yang dimasukkan.

Sebagai catatan, walaupun pembayaran dilakukan dalam rupiah, pada detail tagihan bagian rincian pembayaran akan tetap ditampilkan sebagai dollar.