FANDOM

Lihat Daftar Jamaah

Terdapat dua cara untuk dapat melihat data jamaah, yaitu :

  1. Untuk melihat data seluruh jamaah klik "Data Jamaah" di bawah menu "Data Registrasi".
  2. Untuk melihat data jamaah per akun, pada halaman "Daftar Akun" klik link pada kolom “Kelola Jamaah” pada baris nama akun yang diinginkan.

Isi Data Jamaah

Anda dapat melakukan penambahan data jamaah dengan mengklik tombol "Add" pada halaman daftar jamaah per akun. Setelah tombol tersebut diklik, sistem akan menampilkan form tambah jamaah. Form ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu: Data Pribadi, Data Paspor, dan Pilihan Fasilitas.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat pengisian form "Data Pribadi" :

  1. Kolom bertanda (*) merupakan kolom yang wajib diisi.
  2. Apabila "Jenis Kelamin" yang dipilih adalah P (Perempuan) dan "Hubungan" yang dipilih adalah Single, maka:
    • Akan tampil checkbox "Tidak Ada Mahram".
    • Jamaah tersebut wajib mengumpulkan berkas Surat Mahram.
  3. Apabila checkbox "Tidak Ada Mahram" dicentang, maka:
    • Akan tampil kolom "Nama Mahram". Kolom ini dapat diisikan dengan nama mahram yang ditunjuk untuk jamaah tersebut.
    • Jamaah tersebut akan dikenakan jasa tambahan "Biaya Mahram", apabila agen tersebut menyediakan jasa tambahan tersebut.
  4. Kolom "Tipe Jamaah" harap diisikan sesuai dengan jumlah jamaah pada tahapan pilih paket.
  5. Akan terdapat tambahan kolom "dari" di bawah kolom "Hubungan" apabila sudah ada jamaah akun tersebut yang dimasukkan. Hal ini untuk memberikan penjelasan hubungan antar jamaah dari suatu akun.
  6. Setelah selesai melakukan pengisian klik tombol "Save & Next" untuk menuju tahap selanjutnya. Sistem akan melakukan validasi. Bila terjadi kesalahan pengisian form, sistem akan menampilkan pesan pada bagian yang harus dikoreksi.
  7. Bila form telah diisi dengan benar, sistem akan menyimpan data tersebut dan menuju tahap "Data Paspor".

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat pengisian form "Data Paspor" :

  2. Kolom "Nama Sesuai Paspor" secara default terisi dengan nama lengkap jamaah tersebut.
  3. Jarak antara tahun pada kolom "Tanggal Dikeluarkan" dan "Tanggal Habis Berlaku" minimal 5 tahun.
  4. Isian tanggal pada kolom "Tanggal Habis Berlaku" minimal 6 bulan setelah tanggal keberangkatan.
  6. Bila form telah diisi dengan benar, sistem akan menyimpan data tersebut dan menuju tahap "Pilihan Fasilitas".

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat pengisian form "Pilihan Fasilitas" :

  2. Pilihan pada "Jasa Tambahan" sesuai dengan yang diisikan pada menu Data Master Jasa.
  3. Jasa tambahan "Airport Tax dan Handling" wajib bagi seluruh jamaah.
  4. Checkbox jasa tambahan "Biaya Mahram" memang tidak dapat dipilih, karena akan secara otomatis terpilih apabila checkbox "Tidak Ada Mahram" dicentang.
  5. Setelah selesai melakukan pengisian klik tombol "Done". Sistem akan melakukan validasi. Bila terjadi kesalahan pengisian form, sistem akan menampilkan pesan pada bagian yang harus dikoreksi.
  6. Bila form telah diisi dengan benar, sistem akan menyimpan data tersebut dan menampilkan pesan bahwa data berhasil disimpan.

Sebagai catatan, jumlah jamaah yang dimasukkan tidak dapat melebihi jumlah jamaah pada konfigurasi paket. Ketiga tahapan form tambah jamaah tersebut tidak harus langsung dilakukan. Pada kolom progres daftar jamaah, agen dapat melihat pengisian data jamaah sudah dilakukan hingga tahap keberapa. Apabila ingin melanjutkan pengisian, klik "Nama Jamaah" yang diinginkan, sistem akan menampilkan form ubah jamaah.

Ubah Data Jamaah

Untuk mengubah data jamaah, pada halaman daftar jamaah atau daftar jamaah per akun klik "Nama Jamaah" yang diinginkan. Setelah diklik, sistem akan menampilkan form ubah jamaah. Ganti data yang sudah ada dengan data yang baru, klik tombol "Save & Next" untuk menuju tahap selanjutnya, dan klik tombol "Done" setelah pengisian form tahap ketiga. Jika pengubahan data berhasil dilakukan, sistem akan menampilkan pesan bahwa data berhasil diubah. Data jamaah tidak dapat diubah apabila akun sudah melunasi pembayaran atau jamaah tersebut sudah dibatalkan.

Hapus Data Jamaah

Proses menghapus data jamaah hanya dapat dilakukan pada halaman daftar jamaah per akun. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Beri tanda centang pada baris jamaah yang akan dihapus. Untuk memberi tanda centang pada semua baris, klik checkbox teratas pada tabel.
  2. Selanjutnya klik tombol "Delete". Sistem akan menampilkan pesan konfirmasi penghapusan data.
  3. Klik tombol "Ok" untuk menghapus data atau "Cancel" untuk membatalkan penghapusan.

Data jamaah tidak dapat dihapus apabila akun sudah melakukan pembayaran.