FANDOM

Pada sistem manajemen umrah EilHamzah, setiap agen dapat melakukan pengubahan konfigurasi sistem sesuai dengan kebutuhannya. Terdapat beberapa item yang dapat diubah pada konfigurasi sistem, antara lain email_reg_akun, uang_muka, diskon_online, email_noreply, pinalti, bank, dan toolkit. Untuk dapat mengubah konfigurasi sistem, klik menu "Data Master" lalu pilih submenu "Konfigurasi Sistem". Sistem akan menampilkan "Daftar Konfigurasi Sistem".

email_reg_akun

email_reg_akun merupakan alamat email yang akan menerima email-email dari sistem Eilhamzah apabila kolom email dari suatu akun jamaah tidak terisi. Untuk dapat mengubah item ini, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Klik nama "email_reg_akun" pada daftar konfigurasi. Sistem akan menampilkan halaman view konfigurasi email_reg_akun.
  2. Klik tombol "Edit" untuk masuk ke halaman form ubah konfigurasi email_reg_akun.
  3. Isi kolom "Values" dengan email yang diinginkan kemudian klik tombol "Save".
  4. Bila proses pengubahan berhasil dilakukan, sistem akan menyimpan data dan menampilkan pesan bahwa data berhasil disimpan.

uang_muka

uang_muka merupakan jumlah uang muka yang harus dibayarkan oleh setiap calon jamaah. Agen dapat menentukan berapa besar uang muka yang harus dibayarkan dalam bentuk rupiah atau dollar. Untuk dapat mengubah item ini, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Klik nama "uang_muka" pada daftar konfigurasi. Sistem akan menampilkan halaman view konfigurasi uang_muka.
  2. Klik icon "Edit" pada baris mata uang IDR untuk mengubah uang muka rupiah dan klik icon "Edit" pada baris mata uang USD untuk mengubah uang muka dollar.
  3. Isi kolom "Nilai Uang Muka" dengan jumlah uang muka yang diinginkan kemudian klik tombol "Save".

diskon_online

diskon_online merupakan besar diskon yang diberikan oleh agen untuk setiap calon jamaah jika melakukan registrasi akun via online. Perlu diketahui bahwa jumlah yang dimasukkan adalah dalam $, jadi apabila dalam konfigurasi tertulis 50 berarti tiap calon jamaah pada suatu akun yang mendaftar secara online, akan mendapat diskon sebesar $50. Untuk dapat mengubah item ini, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Klik nama "diskon_online" pada daftar konfigurasi. Sistem akan menampilkan halaman view konfigurasi diskon_online.
  2. Klik tombol "Edit" untuk masuk ke halaman form ubah konfigurasi diskon_online.
  3. Isi kolom "Values" dengan diskon yang diinginkan kemudian klik tombol "Save".

email_noreply

email_noreply merupakan alamat email yang digunakan untuk mengirimkan email-email dari sistem yang ditujukan untuk akun jamaah. Untuk dapat mengubah item ini, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Klik nama "email_noreply" pada daftar konfigurasi. Sistem akan menampilkan halaman view konfigurasi email_noreply.
  2. Klik tombol "Edit" untuk masuk ke halaman form ubah konfigurasi email_noreply.

pinalti

pinalti merupakan biaya yang harus dibayarkan jika calon jamaah melakukan pembatalan. Besar biaya pinalti dibedakan berdasarkan berapa hari sebelum keberangkatan pembatalan dilakukan. Untuk dapat mengubah konfigurasi biaya pinalti, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Klik nama "pinalti" pada daftar konfigurasi. Sistem akan menampilkan halaman view konfigurasi pinalti.
  2. Klik tombol "Add Pinalti" untuk menambahkan konfigurasi pinalti. Atau klik icon "Edit" pada baris yang diinginkan untuk mengubah konfigurasi pinalti. Sistem akan menampilkan halaman form konfigurasi pinalti. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan:
    • Kolom "Dari" dan "Sampai" merupakan berapa hari sebelum keberangkatan.
    • Kolom "Sampai" harus lebih besar dari kolom "Dari".
    • Kolom "Pinalti" merupakan besar pinalti yang harus dibayar dalam persen.
    • Klik "Save" untuk menyimpan data. Bila proses berhasil dilakukan, sistem akan menyimpan data dan menampilkan pesan bahwa data berhasil disimpan.
  3. Klik icon "Hapus" pada baris yang diinginkan untuk menghapus konfigurasi pinalti.

bank

bank merupakan data bank tujuan untuk pembayaran akun. Pada setiap data Bank terdapat keterangan no rekening untuk pembayaran dollar, no rekening untuk pembayaran rupiah, atas nama, dan cabang. Untuk dapat mengubah item ini, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Klik nama "bank" pada daftar konfigurasi. Sistem akan menampilkan halaman view konfigurasi bank.
  2. Klik tombol "Add Bank" untuk menambah data bank lain. Atau klik icon "Edit" pada baris bank yang diinginkan untuk mengubah keterangan terkait bank tersebut. Sistem akan menampilkan halaman form konfigurasi bank. Klik "Save" untuk menyimpan data. Bila proses berhasil dilakukan, sistem akan menyimpan data dan menampilkan pesan bahwa data berhasil disimpan.
  3. Untuk menghapus data suatu bank, klik icon "Hapus" pada baris bank tersebut.

toolkit

toolkit merupakan daftar jenis item dalam toolkit yang akan dikirimkan oleh agen untuk para calon jamaah. Daftar jenis item dalam toolkit ini akan tertulis pada cetak bukti pengiriman toolkit. Untuk dapat mengubah konfigurasi toolkit, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Klik nama "toolkit" pada daftar konfigurasi. Sistem akan menampilkan halaman view konfigurasi toolkit.
  2. Klik tombol "Add Toolkit" untuk menambah jenis item. Atau klik icon "Edit" pada item yang diinginkan untuk mengubahnya. Sistem akan menampilkan halaman form konfigurasi toolkit. Klik "Save" untuk menyimpan data. Bila proses berhasil dilakukan, sistem akan menyimpan data dan menampilkan pesan bahwa data berhasil disimpan.
  3. Untuk menghapus item pada toolkit, klik icon "Hapus" pada baris item tersebut.