FANDOM

Seperti yang telah dijelaskan pada halaman Home, konsep keberangkatan pada sistem manajemen umrah Eilhamzah, terdiri atas Grup Keberangkatan, Kelas Program, dan Kamar. Berikut adalah tata cara untuk mengisi, mengubah, atau menghapus ketiga data master tersebut.

Grup Keberangkatan

Anda dapat mengakses data master grup keberangkatan dengan mengklik menu "Data Master" lalu pilih submenu "Grup Keberangkatan". Pada bagian atas daftar grup keberangkatan, terdapat empat info antara lain:

  • Active GK : jumlah grup keberangkatan yang berstatus Aktif.
  • Frontend GK : jumlah grup keberangkatan yang ditampilkan pada registrasi online.
  • Backend GK : jumlah grup keberangkatan yang hanya ditampilkan pada sistem manajemen umrah.
  • All GK : jumlah semua grup keberangkatan.

Tambah Grup Keberangkatan

Setelah halaman "Daftar Grup Keberangkatan" terakses, untuk dapat melakukan penambahan grup keberangkatan, lakukan langkah-langkah berikut :

  1. Klik tombol "Add" yang ada pada bagian atas kiri tabel “Daftar Grup Keberangkatan”. Sistem akan menampilkan halaman form tambah grup keberangkatan.
  2. Isi form tersebut dengan lengkap terutama kolom yang bertanda (*). Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:
    • Pada bagian kanan form, terdapat Info Terkait antara lain:
      • Total Active Group adalah jumlah grup keberangkatan yang statusnya Aktif.
      • Nearest Umrah adalah grup keberangkatan aktif yang terdekat dari tanggal sekarang.
    • Tanggal keberangkatan minimal 30 hari dari tanggal sekarang.
    • Tanggal Jatuh Tempo minimal 14 hari dari tanggal keberangkatan.
    • Terdapat dua cara untuk mengisi kolom Jatuh Tempo Uang Muka, Pelunasan, Paspor, dan Berkas :
      • Langsung mengisikan tanggal pada kolom tanggal yang bersangkutan atau
      • Mengisi kolom kecil di sebelah kolom tanggal dengan jumlah hari sebelum tanggal keberangkatan. Apabila kolom ini diisi, kolom tanggal akan terisi secara otomatis.
    • Pada kolom area tampil, terdapat 2 pilihan yaitu:
      • Semua berarti grup keberangkatan akan tampil pada form pilih paket di halaman registrasi online dan di sistem manajemen umrah.
      • Backend berarti grup keberangkatan hanya tampil pada form pilih paket di sistem manajemen umrah.
  3. Klik tombol “Save” untuk menyimpan data.
  4. Bila terdapat kolom yang belum terisi atau terdapat data yang salah, sistem akan menampilkan kembali form tambah disertai dengan bagian yang perlu diperbaiki.
  5. Bila proses penambahan data grup keberangkatan berhasil dilakukan, sistem akan menyimpan data dan menampilkan pesan bahwa data berhasil disimpan.
  6. Anda dapat mengisikan kelas program dari grup keberangkatan tersebut dengan mengklik tombol "Add Program".

Ubah Grup Keberangkatan

Untuk mengubah data grup keberangkatan, ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Pada tabel “Daftar Grup Keberangkatan” klik "Kode Grup" yang ingin diubah. Sistem akan menampilkan form update grup keberangkatan.
      • Kelas Program adalah jumlah kelas program yang berstatus Aktif dari grup keberangkatan tersebut. Apabila diklik akan menuju form tambah kelas program dari grup keberangkatan tersebut.
      • Lowest Rate adalah harga kamar terendah dari grup keberangkatan tersebut.
      • Highest Rate adalah harga kamar tertinggi dari grup keberangkatan tersebut.
      • Jamaah Terdaftar adalah jumlah jamaah yang terdaftar pada grup keberangkatan tersebut. Apabila diklik akan menuju daftar jamaah dari grup keberangkatan tersebut.
    • Untuk menonaktifkan grup keberangkatan, pilih "inactive" pada kolom "Status".
  3. Klik tombol "Save" untuk menyimpan data. Klik tombol "Add Program" untuk menuju form tambah kelas program dari grup keberangkatan tersebut.
  4. Bila terdapat kolom yang belum terisi atau terdapat data yang salah, sistem akan menampilkan kembali form update grup keberangkatan disertai dengan bagian yang perlu diperbaiki.
  5. Bila proses pengubahan data grup keberangkatan berhasil dilakukan, sistem akan menyimpan data dan menampilkan pesan bahwa data berhasil disimpan.

Sebagai tambahan, grup keberangkatan tidak dapat diubah jika tanggal keberangkatannya sudah lewat atau statusnya "Sudah Berangkat". Apabila grup keberangkatan yang dipilih sudah tidak dapat diubah, sistem hanya akan menampilkan view "Grup Keberangkatan".

Hapus Grup Keberangkatan

Proses menghapus grup keberangkatan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Beri tanda centang pada baris grup keberangkatan yang akan dihapus. Untuk memberi tanda centang pada semua baris, klik checkbox teratas pada tabel.
  2. Selanjutnya klik tombol "Delete". Sistem akan menampilkan pesan konfirmasi penghapusan data.
  3. Klik tombol "Ok" untuk menghapus data atau "Cancel"untuk membatalkan penghapusan.

Anda tidak dapat menghapus grup keberangkatan yang sudah memiliki kelas program. Jika ingin menghapusnya, Anda harus menghapus kelas program dari grup keberangkatan tersebut terlebih dahulu.

Kelas Program

Daftar kelas program dapat diakses dengan mengklik menu "Data Master" lalu pilih submenu "Kelas Program". Pada bagian atas daftar kelas program, terdapat empat info :

  • Active Program : jumlah kelas program dengan status Aktif.
  • Total Program : jumlah seluruh kelas program.
  • Top Selling : jumlah kelas program yang dipilih lebih dari 20 jamaah.
  • Less Selling : jumlah kelas program yang dipilih kurang dari atau sama dengan 20 jamaah.

Untuk melihat daftar kelas program dari grup keberangkatan tertentu, pada menu "Data Master" pilih submenu "Grup Keberangkatan". Klik kode grup keberangkatan yang diinginkan, kemudian klik tombol "Add Program".

Tambah Kelas Program

Terdapat dua cara untuk melakukan tambah kelas program, yaitu:

  1. Mengisi form tambah kelas program,
  2. Mengisi form tambah kelas program dari grup keberangkatan.

Untuk melakukan pengisian form tambah kelas program, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pada halaman "Daftar Kelas Program" klik tombol "Add" pada bagian atas kiri tabel. Sistem akan menampilkan halaman form tambah kelas program.
      • Total Active Program adalah jumlah kelas program yang statusnya "Aktif".
      • Favorite Airlines adalah maskapai yang paling banyak dipilih oleh calon jamaah.
      • Top Sale Program adalah kelas program yang paling banyak dipilih oleh calon jamaah.
    • Pada bagian atas form, terdapat Info Grup Keberangkatan. Bagian ini akan berubah sesuai dengan kode grup yang dipilih pada kolom "Grup Keberangkatan".
  5. Bila proses penambahan data kelas program berhasil dilakukan, sistem akan menyimpan data dan menampilkan pesan bahwa data berhasil disimpan.
  6. Anda dapat mengisikan data kamar dari kelas program tersebut dengan mengklik tombol "Add Room".

Untuk melakukan pengisian form tambah kelas program dari grup keberangkatan, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih submenu "Grup Keberangkatan" pada menu "Data Master" untuk menuju halaman "Daftar Grup Keberangkatan".
  2. Klik kode grup yang diinginkan, kemudian klik tombol "Add Program". Sistem akan menampilkan form tambah kelas program dari grup keberangkatan.
  6. Anda dapat mengisikan data kamar dari suatu kelas program dengan mengklik angka pada kolom "Room Count" pada baris kelas program yang diinginkan.

Ubah Kelas Program

Untuk mengubah data kelas program, ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Pada tabel "Daftar Kelas Program" klik "Nama Program" yang ingin diubah. Sistem akan menampilkan form update kelas program.
      • Lowest Rate adalah harga kamar terendah dari kelas program tersebut.
      • Highest Rate adalah harga kamar tertinggi dari kelas program tersebut.
      • Jamaah Terdaftar adalah jumlah jamaah yang terdaftar pada kelas program tersebut. Apabila diklik akan menuju daftar jamaah dari kelas program tersebut.
    • Untuk menonaktifkan kelas program, pilih "inactive" pada kolom "Status".
  3. Klik tombol "Save" untuk menyimpan data. Klik tombol "Add Room" untuk menuju form tambah kamar dari kelas program tersebut.
  4. Bila terdapat kolom yang belum terisi atau terdapat data yang salah, sistem akan menampilkan kembali form update kelas program disertai dengan bagian yang perlu diperbaiki.
  5. Bila proses pengubahan data kelas program berhasil dilakukan, sistem akan menyimpan data dan menampilkan pesan bahwa data berhasil disimpan.

Kelas program tidak dapat diubah jika tanggal keberangkatan dari grup keberangkatannya sudah lewat atau statusnya "Sudah Berangkat". Apabila kelas program yang dipilih sudah tidak dapat diubah, sistem hanya akan menampilkan view "Kelas Program".

Hapus Kelas Program

Proses menghapus kelas program dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Beri tanda centang pada baris kelas program yang akan dihapus. Untuk memberi tanda centang pada semua baris, klik checkbox teratas pada tabel.

Anda tidak dapat menghapus kelas program yang sudah memiliki kamar. Jika ingin menghapusnya, Anda harus menghapus kamar dari kelas program tersebut terlebih dahulu.

Kamar

Daftar kamar dapat diakses dengan mengklik menu "Data Master" lalu pilih submenu "Kamar". Pada bagian atas daftar kamar, terdapat empat info antara lain:

  • Top Selling : jumlah kamar yang dipilih lebih dari 20 jamaah.
  • Less Selling : jumlah kamar yang dipilih kurang dari atau sama dengan 20 jamaah.
  • Top Expensive : jumlah kamar dengan harga lebih dari $2500.
  • Less Expensive : jumlah kamar dengan harga kurang dari atau sama dengan $2500.

Untuk melihat daftar kamar dari kelas program tertentu, pada menu "Data Master" pilih submenu "Kelas Program". Klik nama program yang diinginkan, kemudian klik tombol "Add Room".

Tambah Kamar

Terdapat dua cara untuk melakukan tambah kamar, yaitu:

  1. Mengisi form tambah kamar,
  2. Mengisi form tambah kamar dari kelas program.

Untuk melakukan pengisian form tambah kamar, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pada halaman "Daftar Kamar" klik tombol "Add" pada bagian atas kiri tabel. Sistem akan menampilkan halaman form tambah kamar.
    • Pada bagian kanan form, terdapat Info Terkait. Bagian ini akan berubah sesuai dengan pilihan "Grup Keberangkatan" dan "Nama Program".
    • Kolom "Harga Kamar" dan "Jumlah Kamar" pada setiap jenis kamar wajib diisi. Apabila terdapat jenis kamar yang tidak disediakan untuk kelas program tersebut, Anda dapat mengisikan kolom "Jumlah Kamar" dengan 0.
    • Isikan kolom "Smoking" dengan jumlah kamar jenis smoking dan kolom "Non Smoking" dengan jumlah kamar jenis non smoking. Kolom "Jumlah Kamar" akan otomatis terisi jumlah dari kedua kolom tersebut.
  5. Bila proses penambahan data kamar berhasil dilakukan, sistem akan menyimpan data dan menampilkan pesan bahwa data berhasil disimpan.

Untuk melakukan pengisian form tambah kamar dari kelas program tertentu, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih submenu "Kelas Program" pada menu "Data Master" untuk menuju halaman "Daftar Kelas Program".
  2. Klik nama program yang diinginkan, kemudian klik tombol "Add Room". Sistem akan menampilkan form tambah kamar dari kelas program.

Penambahan kamar untuk tiap kelas program hanya dapat dilakukan satu kali. Apabila terdapat data yang salah, Anda dapat melakukan ubah data.

Ubah Kamar

Untuk mengubah data kamar, ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Pada tabel "Daftar Kamar" klik icon "Edit" pada baris kamar yang ingin diubah. Sistem akan menampilkan form update kamar.
  2. Isi form tersebut dengan lengkap terutama kolom yang bertanda (*). Klik tombol "Save" untuk menyimpan data.
  3. Bila terdapat kolom yang belum terisi atau terdapat data yang salah, sistem akan menampilkan kembali form update kamar disertai dengan bagian yang perlu diperbaiki.
  4. Bila proses pengubahan data kamar berhasil dilakukan, sistem akan menyimpan data dan menampilkan pesan bahwa data berhasil disimpan.

Kamar tidak dapat diubah jika tanggal keberangkatan dari grup keberangkatannya sudah lewat atau statusnya "Sudah Berangkat". Data kamar juga tidak bisa diubah jika sudah terdapat akun yang melakukan pemesanan paket umrah hingga tahap pengaturan kamar. Apabila kamar yang dipilih sudah tidak dapat diubah, sistem hanya akan menampilkan view "Kamar".

Hapus Kamar

Proses menghapus kamar dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Beri tanda centang pada baris kamar yang akan dihapus. Penghapusan kamar sebaiknya dilakukan per kelas program. Untuk memberi tanda centang pada semua baris, klik checkbox teratas pada tabel.

Anda tidak dapat menghapus kamar yang sudah dipesan oleh suatu akun.