FANDOM

Pada sistem manajemen umrah Eilhamzah, terdapat dua jenis pembatalan, yaitu:

  1. Pembatalan Jamaah : pembatalan satu atau beberapa jamaah dalam suatu paket.
  2. Pembatalan Paket : pembatalan seluruh jamaah dalam suatu paket.

Lihat Daftar Pembatalan

Untuk mengakses halaman daftar pembatalan, klik menu "Pembatalan". Data akun yang tampil pada halaman daftar pembatalan hanyalah akun yang sudah melakukan pembatalan jamaah/paket. Apabila ada akun yang belum pernah melakukan pembatalan, dan ingin melakukan pembatalan, klik tombol "Add" pada bagian atas tabel. Dan apabila ada akun yang sudah pernah melakukan pembatalan jamaah, dan ingin melakukan pembatalan jamaahnya yang lain, klik ikon Detail pada baris akun tersebut. Akun yang dapat melakukan pembatalan hanyalah akun yang uang mukanya sudah lunas. Apabila sudah melakukan pembatalan, akun tidak dapat memesan paket kembali selama tagihan paket sebelumnya belum lunas.

Pembatalan Jamaah

Untuk melakukan pembatalan jamaah, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pada form tambah pembatalan, pilih nama akun yang diinginkan dan jenis pembatalan jamaah. Selanjutnya klik tombol "View".
  2. Sistem akan menampilkan daftar jamaah dari akun yang bersangkutan. Beri tanda centang pada baris nama jamaah yang ingin dibatalkan.
  3. Isikan keterangan batal dan besar pinalti yang diberikan. Kolom pinalti secara default terisi sesuai dengan data pada data master konfigurasi sistem. Namun nilai ini dapat diganti sesuai kebutuhan agen.
  4. Setelah selesai melakukan pengisian klik tombol "Save". Sistem akan melakukan validasi. Bila terjadi kesalahan pengisian form, sistem akan menampilkan pesan pada bagian yang harus dikoreksi.
  5. Bila form telah diisi dengan benar, sistem akan menyimpan data pembatalan tersebut dan menampilkan pesan bahwa data berhasil disimpan.

Pembatalan Paket

Untuk melakukan pembatalan paket, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pada form tambah pembatalan, pilih nama akun yang diinginkan dan jenis pembatalan paket. Selanjutnya klik tombol "View".
  2. Sistem akan menampilkan data paket yang telah dipesan oleh akun yang bersangkutan.

Sebagai catatan, nilai pinalti yang dimasukkan akan berlaku untuk setiap jamaah, berbeda dengan proses pembatalan jamaah dimana nilai pinalti untuk setiap jamaah dapat berbeda.