FANDOM

Fitur untuk melakukan kelola data akun, dapat dilihat pada sub menu "Data Akun" yang terdapat pada menu "Data Registrasi". Pada bagian atas daftar akun, terdapat empat info antara lain:

  • New Accounts : jumlah akun yang belum dikonfirmasi.
  • Active Accounts : jumlah akun yang berstatus aktif.
  • Online Registration : jumlah akun yang mendaftar melalui registrasi online.
  • Admin Registration : jumlah akun yang didaftarkan melalui sistem manajemen umrah.

Tambah Akun & Pilih Paket

Untuk dapat melakukan penambahan akun, Anda dapat mengklik tombol "Add" yang terdapat di bagian atas kiri tabel. Setelah tombol tersebut diklik, sistem akan menampilkan form tambah akun. Form tambah akun terbagi menjadi dua tahapan, Isi Data Akun dan Pilih Paket Umrah. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat pengisian form "Isi Data Akun" :

  1. Kolom bertanda (*) merupakan kolom yang wajib diisi.
  2. Apabila kolom "Email" diisi, maka semua email dari sistem akan dikirim ke email tersebut. Dan jika tidak diisi, maka semua email dari sistem akan dikirim ke email_reg_akun yang didefinisikan pada konfigurasi sistem.
  3. Kolom "Propinsi" secara default akan terisi sesuai dengan propinsi agen, namun dapat diubah.
  4. Setelah selesai melakukan pengisian klik tombol "Save & Next" untuk menuju tahap selanjutnya. Sistem akan melakukan validasi. Bila terjadi kesalahan pengisian form, sistem akan menampilkan pesan pada bagian yang harus dikoreksi.
  5. Bila form telah diisi dengan benar, sistem akan menyimpan data akun tersebut dan menuju tahap "Pilih Paket Umrah".

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat pengisian form "Pilih Paket Umrah" :

  2. Setelah memilih kolom Grup Keberangkatan dan Kelas Program akan tampil informasi paket pada bagian bawah form, sesuai dengan pilihan tersebut. Informasi paket ini meliputi keterangan grup keberangkatan dan kelas program, serta sisa seat dan kamar yang tersedia.
  3. Setelah selesai melakukan pengisian klik tombol "Done". Sistem akan melakukan validasi. Bila terjadi kesalahan pengisian form, sistem akan menampilkan pesan pada bagian yang harus dikoreksi.
  4. Bila form telah diisi dengan benar, sistem akan menyimpan data akun tersebut dan menampilkan pesan bahwa data berhasil disimpan.

Kedua tahapan ini tidak harus langsung dilakukan, agen dapat melakukan pengisian data akun tanpa langsung memilih paket umrah. Apabila ingin memilih paket untuk akun yang sudah ada, pada kolom kelola paket daftar akun klik icon "Create Packet". Pada kolom "Kelola Paket" ikon "Create Packet" akan tampil jika:

  1. Akun belum memilih paket.
  2. Grup keberangkatan paket yang dipilih akun tersebut sudah berangkat dan akun sudah melunasi tagihan paket tersebut.
  3. Paket dari akun tersebut sudah dibatalkan dan akun sudah melunasi tagihan paket tersebut.

Ubah Akun

Pengubahan data akun dapat dilakukan dengan cara mengklik "Nama Akun" yang akan diedit pada daftar akun. Setelah diklik, sistem akan menampilkan form update akun. Ganti data yang sudah ada dengan data yang baru, lalu klik tombol "Save".

Lihat, Edit, dan Hapus Paket

Untuk melihat paket yang dipilih oleh suatu akun, klik ikon "View Packet" pada kolom kelola paket pada baris nama akun yang diinginkan. Setelah diklik, sistem akan menampilkan popup detail paket yang telah dipilih. Anda juga dapat mengubah paket yang dipilih oleh suatu akun dengan cara mengklik ikon "Edit Packet" pada kolom kelola paket. Setelah diklik, sistem akan menampilkan form update paket. Ganti data yang sudah ada dengan data yang baru, lalu klik tombol "Save". Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui mengenai pengubahan paket:

  1. Apabila akun sudah memiliki jamaah dan melakukan ubah paket, jumlah jamaah yang dimasukkan pada kolom "Dewasa", "Anak dengan Ranjang", dan "Anak tanpa Ranjang" tidak boleh lebih kecil dari sebelumnya.
  2. Apabila akun sudah melunasi uang muka, data yang dapat diubah pada form update paket hanya konfigurasi kamar saja.
  3. Apabila akun sudah melunasi seluruh tagihan, paket sudah tidak dapat diubah.
  4. Paket yang sudah dibatalkan atau grup keberangkatannya sudah berangkat juga tidak dapat diubah.

Anda dapat melakukan hapus paket dari suatu akun dengan mengklik ikon "Delete Packet". Suatu paket dapat dihapus jika akun belum pernah melakukan pembayaran dan jatuh tempo pelunasan sudah lewat.

Lihat History Pemesanan Paket

Agen dapat melihat history pemesanan paket dari suatu akun. Untuk melihat history pemesanan paket, klik ikon "History Pemesanan" pada kolom "Kelola Paket". Ikon ini hanya tampil jika suatu akun sudah pernah melakukan pemesanan paket lebih dari satu kali.

Hapus Akun

Proses menghapus data akun dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Beri tanda centang pada baris akun yang akan dihapus. Untuk memberi tanda centang pada semua baris, klik checkbox teratas pada tabel.
  2. Selanjutnya klik tombol "Delete". Sistem akan menampilkan pesan konfirmasi penghapusan data.
  3. Klik tombol "Ok" untuk menghapus data atau "Cancel" untuk membatalkan penghapusan.

Sebagai catatan, akun yang dapat dihapus hanyalah akun yang belum pernah melakukan pemesanan paket.